Bore-up harian si vega


Banyaknya pertanyaan dari rekan2 pengendara vega disekitar lingkungan bikin ane tergerak . Berdasrkan ilmu yang pernah diterapin di motor ane sendiri, boreup vega harian gag perlu biaya yang cukup mahal.
1.Dengan sedikit meng oversize piston / seher menggunakan merek tetangga kawasa*i k*ze r std ajah udah mampu mendongkrak cc si vega menjadi 115cc, tanpa perlu mem boring ulang / overboring blok. Hanya pada blok. Vega new harus memapas pantat blok 2mm supaya kompresi paa mesin tidak low kompresi, sedangkn pada vega lawas justru menambahkan paking blok 2 lembar agar si seher tidak menyentuh klep.
2.Dengan sedikit memapas noken as (camshaft) sesuai setiingan mesin. Fungsi noken as sendiri adalah mengatur waktu buka tutup klep.Menambah daya si vega (ukuran papasan, durasi, lebar pinngang noken as tergantung spek mesin anda) untuk. vega lama disarankan menggunakan noke as jupiter z / vega new untuk dipapas, karena memiliki lebih banyak lubang pelumasan.
3.Dengan sedikit membuang kulit jeruk (permukaan kasar) pada intake dan exhaust di blok dan intake manifold, dengan maksud memperlancar asupan dn pengeluaran bensin ke blok.
4.Penggunaan cdi std pada vega lama, karena diantara jenis vega pengapian vega lama yang paling sempurna, untuk vega new dpat mengaplikasi cdi jupiter lama (CDI part code 5LL-00) karena cdi ini belum limiter.untuk koil gunakan STD pabrikan
5.Penggantian karbu, kunci utama dalam pengabutan bahan bakar, untuk vega lama dan vega new menggunakan karbu sho*un 125, karena memiliki lubang venturi yang agak lebih lebar sedikit ketimbang karbu vega new. Dan memiliki power jet yang mampu membantu mendongkrak mesin di putaran atas.
6.Kampas kopling. Untuk pilihan yang 1 ini, jika anda menggunakan kampas ukuran std lebih baik menggunakan kampas kopling FIZ-R karena memiliki tapak kampas yang lebih lebar sehingga mampu mendongkrak engine pada waktu oper gigi (putaran atas) dan memperlembut operan gigi. Kalau anda berani mencoba silahkan papas rumah kopling dan dudukan kampas kopling anda menggunakan kampas suz*ki FR. Mantap dipkai karena kampas yang besar dan sangat mendongkrak mesin di putaran atas.
7. Per kopling. Mengaplikasi merek saudara kandung RX-king karena ukuran ulir yang lebih panjang ketimbang ukuran std sehingga mampu membantu anda mempercepat pergerakan buka tutup kampas kopling.
Untuk ubahan seperti ini ane udah terapin gan, aman, dan tetap safety serta pemakaian bahan bakar yang tidak terlalu jauh berbeda ketimbang spek std.mohon maap gan, ane blum bisa menampilkan fotonya coz ane blum ngerti ccara upload fotonya :maluaku Untuk anda yang selalu bertanya kira2 spek boreup yang cocok untuk harian, yah ini jawaban ane gan. :cekikik

BORE UP VEGA R SPEK TIGER

Boring vega (piston tiger os 100+ring)
Head vega (klep tiger+per klep smash+rocker arm)
Noken As

spesifikasi motor standar

No || Motor || Bore x Stroke || Volume Silinder || Rasio Kompresi

1. Kawasaki Blitz R 53 mm x 50.6mm 111 cc 9.3 : 1

2. Kawasaki Athlete 56 mm x 50.6mm 124.6 cc 9.8 : 1

3. Kawasaki Ninja 250 62 mm x 41.2mm 2x 124.5 cc 11.5 : 1

4. Kawasaki KLX 250 72 mm x 61,2mm 249cc 11 : 1

5. Yamaha Crypton 49 mm x 54mm 101.8 CC 9.0 : 1

6. Yamaha Mio 50.0 x 57.9 mm 113.7 cc 8.8 : 1

7. Yamaha Jupiter z 51.0 x 54.0 mm 110.3 cc 9.3 : 1

8. Yamaha Jupiter MX 54 x 58,7 mm 135 cc 10.9 : 1

9. Yamaha Vixion 57 x 58,7 (mm) 149.8cc 10.4 : 1

10.Yamaha Scorpio Z 70 x 58 mm 223cc 9.5 : 1

11. Yamaha RX King 58 x 50 mm 132cc 7.1 : 1

12. Yamaha RXZ 56 x 54 mm 133cc 7.0 : 1

13. Yamaha F1Z 52 x 52mm 110.4cc 7.1 : 1

14. Yamaha Alfa 50 x 52mm 102.1 cc 7.2 : 1

15. Honda GL 100 52 x 49.5mm 105.1 cc 9.2 : 1

16. Honda GL Max 56.5 x 49.5mm 124.1 cc 9.2 : 1

17. Honda GL Pro 61.0 x 49.5mm 144.7cc 9.2 : 1

18. Honda Supra 50.0 x 49.5mm 97.1 cc 8.8 : 1

19. Honda Tiger 63.5 x 62.2 mm 196.9cc 9.0 : 1

20. Honda Megapro 63,5 x 49,5 mm 156.7cc 9.0 : 1

21. Honda CS-1 58 x 47,2 mm 124.7 cc 10.7 : 1

22. Honda Supra PGM FI 52,4 x 57,9 mm 124.8cc 9.0 : 1

23. Honda Blade 50 x 55,6 mm 109.1 cc 9.0 : 1

copy paste link :http://www.yamaha-vega.or.id

About these ads

8 pemikiran pada “Bore-up harian si vega

  1. MOTOR SAYA MIRIP MOTOR VEGA R LAMA TAPI MEREK CINA APA KAH BISA ???

  2. mas vega r q ganti kawasaki KL X250? apa sja yg harus dperlukan

  3. mau bore up vega r pkai kawasaki KLX 250?
    apa sj yg hrs dlkukan

  4. gan,, itu per kopling rx king pkek yg ori atau racing ??

  5. perlu dana berapa tuk ngerubah sama persis kya gtu,?

  6. Kalo mesin vega r lama pake seher jupiter udah oves zise brapa?

  7. Kira kira biyayane berapa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s